Kategori
Kuliner dan Wisata

Selain Pudak, Ini 5 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Anda Coba

Mengunjungi suatu daerah, pasti tak afdhol rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Terkenal dengan pabrik semen terbesar sekaligus menjadi kota industri, nyatanya kota ini juga memiliki kuliner khas yang tak kalah terkenalnya. Tak hanya pudak, masih ada 5 kuliner khas Gresik lainnya yang selalu menjadi menu favorit penduduk Gresik dan juga menjadi menu favorit para wisatawan yang datang. Mulai dari makanan ringan, makanan pelengkap hingga makanan berat seperti nasi juga tersedia.

Jangan Mengaku Pernah ke Gresik Jika Belum Mencoba 5 Kuliner Khas Gresik ini

Meskipun beberapa diantaranya memiliki tampilan ataupun nama yang mirip dengan kuliner  khas kota lain, tetapi soal cita rasa yang ditawarkan jelas berbeda. Kelima kuliner tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Otak-otak Bandeng

otak otak bandeng khas gresik » Selain Pudak, Ini 5 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Anda Coba

Gresik, memang sangat terkenal dengan ikan bandengnya. Meskipun ikan ini mungkin bisa didapatkan di tempat lain, tetapi bandeng asal Gresik tetap menjadi yang terbaik dari segi rasanya. Oleh sebab itu, salah satu dari 5 kuliner khas Gresik yang banyak diminati adalah otak-otak yang terbuat dari ikan bandeg. Makanan khas satu ini bisa didapatkan di rumah-rumah makan atau toko oleh-oleh yang ada di Gresik.

  1. Bonggolan

bonggolan kuliner khas gresik » Selain Pudak, Ini 5 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Anda Coba

Jika melihat sepintas tampilan dari makanan khas satu ini pasti yang dipikirkan adalah empek-empek. Ya, bentuk dari bonggolan ini memang sangat mirip dengan makanan khas Palembang tersebut. Meskipun sama-sama terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung kanji, bedanya bonggolan dibuat dengan dibungkus daun pisang dan bumbu-bumbu yang digunakan juga berbeda.

  1. Jubung

makanan jubung khas gresik » Selain Pudak, Ini 5 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Anda Coba

Makanan ketiga dari 5 kuliner khas Gresik adalah jubung. Makanan ini disebut jubung karena pembungkus yang digunakan adalah jubung yang dibuat dari kulit pohon pinang. Jubung ini dibuat dari bahan dasar ketan hitam yang dipadukan dengan wijen. Di Jember juga dapat ditemukan makanan yang serupa, hanya saja memiliki rasa berbeda karena cara pembuatan dan resep yang digunakan juga berbeda. Kuliner satu ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif buah tangan untuk Anda saat berkunjung ke sini.

  1. Sego Roomo

kuliner sego romo khas gresik » Selain Pudak, Ini 5 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Anda Coba

Jika ketiga kuliner sebelumnya merupakan kuliner untuk camilan atau makanan ringan, untuk kuliner khas satu ini merupakan makanan berat yang terbuat dari nasi atau dalam bahasa jawa disebut sego. Karena nasi ini merupakan makanan khas Gresik yang awal mulanya berasal dari desa Roomo, Manyar, oleh karena itu disebut sebagai sego roomo. Disajikan menggunakan daun pisang, yang menjadi ciri khas kuliner satu ini adalah pemberian bubur warna kuning dan taburan koya diatas campuran nasi dan sayur sehingga cita memiliki rasa pedas gurih yang khas dan nagih. Berbeda dengan kuliner khas lainnya yang bisa ditemukan setiap saat di banyak tempat, nasi roomo hanya dijual hingga pukul 9 pagi di tempat-tempat tertentu.

  1. Nasi Krawu

Ini dia jawara dari 5 kuliner khas Gresik, nasi krawu yang sangat terkenal kelezatannya. Meskipun terbuat dari nasi juga seperti sego roomo, kekhasan yang dihadirkan dari kuliner ini adalah kepulenan yang memanjakan lidah disbanding nasi lainnya. Disajikan dengan daun pisang juga, nasi ini biasa dipadukan dengan srundeng, daging sapi, sambal terasi, sisitan daging sapi dan serungan.

 

Demikian 5 kuliner khas Gresik yang bisa memanjakan lidah dan perut Anda. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke kota Gresik jangan melewatkan kesempatan untuk menikmati kulineran khas yang tidak akan ditemukan di kota lainnnya tersebut.

## sumber foto: IG @ kuliner_with_mark | bonggolan.favorit | tokobogajayaonline | gresiktourism