Bukti Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Kota Gresik

Kota Gresik dikenal sebagai kota dagang karena memiliki wilayah yang terletak di pesisir pantai. Aktivitas perdagangan ini membuat Kota Gresik banyak didatangi oleh pendatang-pendatang baru yang bermaksud untuk melakukan perdagangan ataupun menyebarkan agama salah satunya Islam. Hal ini terbukti dengan adanya makam kuno Syeikh Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan Sunan Gresik yang merupakan salah satu dari wali songo atau penyebar agama Islam pertama di Jawa Timur. Selain itu, ada-ada beberapa bukti sejarah Islam di Kota Gresik yang semakin menguatkan keberadaan Islam di kota ini.

Fakta-Fakta Sejarah Perkembangan Islam di Kota Gresik

Untuk mengetahui perkembangan sejarah Islam di Kota Gresik, adakalanya jika meninjau langsung fakta-fakta sejarah mengenai keberadaan Islam di kota ini. Fakta ini bisa dijadikan landasan langsung akan kebenaran sejarah yang ada. Selain itu, bukti-bukti juga bisa dijadikan bahan penelitian yang menguatkan kebenaran mengenai peristiwa yang terjadi salah satunya mengenai sejarah islam yang berada di Kota Gresik. Fakta-fakta tersebut meliputi:

  1. Sunan Gresik Sebagai Penyebar Islam Pertama
makam sunan maulana malik ibrahim gresik » Bukti Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Kota Gresik

Foto : IG @ wartagiri

Sunan Gresik atau Syeikh Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu dari wali songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Dalam memperkenalkan agama Islam kepada masyarakat Sunan Gresik melakukannya dengan berbagai cara. Hal yang pertama kali dilakukannya adalah melalui pergaulan sehari-hari yang baik kepada masyarakat. Sunan Gresik memiliki budi yang baik dan tidak pernah menentang agama asli masyarakat saat itu yaitu Hindu dan Budha. Namun, di sisi lain ia juga mulai memperkenalkan nilai-nilai agama Islam secara perlahan. Cara lainnya adalah berdagang, dengan berdagang ia bertemu dengan banyak orang sekaligus tokoh-tokoh tersohor. Kesempatan ini beliau jadikan jalan dalam memperkenalkan dan mengajarkan agama Islam kepada lebih banyak orang. Dalam menyebarkan agama Islam Sunan Gresik juga membangun pondok-pondok belajar hingga akhirnya beliau wafat pada tahun 1419 dan di makamkan di Desa Gapura, Gresik, Jawa Timur. Makam ini merupakan salah satu bukti dalam sejarah Islam di Kota Gresik.

  1. Masjid Tertua Di Jawa
masjid pesucinan leran manyar gresik jawa timur » Bukti Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Kota Gresik

Foto : suratkabar.id

Bukti lain dari sejarah Islam di Kota Gresik adalah adanya masjid tertua di pulau Jawa yang terletak di Dusun Pesucinan, Desa Leren, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Masjid ini bernama Pesucinan dan dibangun oleh Sunan Gresik ketika pertama kali tiba di kota ini. Masjid ini dinamakan Pesucinan karena dijadikan tempat mensucikan orang-orang yang akan masuk Islam, karena mayoritas masyarakat Gresik jaman dulu beragama Hindu dan Budha. Dan salah satu cara mensucikannya yaitu dengan membasuh wajah di sebuah kolam yang terdapat di samping masjid. Walaupun masjid ini sudah beberapa kali di renovasi dan nampak seperti bangunan baru. Namun, ada beberapa bagian bangunan yang masih asli seperti mimbar dan kubah masjid. Sedangkan bagian bersejarah lainnya seperti bedug dan lantai mesjid dibawa untuk tujuan penelitian.

Diatas merupakan beberapa fakta atau bukti sejarah Islam di Kota Gresik. Bukti-bukti tersebut semakin menguatkan bahwa pada dasarnya Islam pernah berkembang dan menyebar di kota Gresik karena adanya beberapa faktor salah satunya perdagangan. Lalu, Sunan Gresik sebagai wali pertama di pulau Jawa merupakan tonggak sejarah tertua bahwasannya Islam memang pertama kali berkembang di kota ini. Bukti di atas juga bisa dijadikan sumber pelajaran bagi masyarakat di masa sekarang karena bagaimanapun sebagai masyarakat yang mencintai tanah air kita jangan sampai melupakan sejarah.

Tags: #Sejarah Gresik #Sejarah Islam

Yuk Berwisata Pintar di Berbagai Situs Bersejarah di Gresik
Wisata tidak selamanya hanya bersenang-senang dan bersenda gurau. Tidak ada salahnya mengunjungi tempat
Mocopat Gresik, Produk Budaya Jawa Sebagai Media Dakwah
Indonesia sudah tidak diragukan lagi terkenal dengan banyaknya produk kebudayaan yang bahkan dikenal
Tradisi Rebo Kasan Gresik, Salah Satu Contoh Bentuk Syukur Masyarakat Pesisir
Sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak, ditambah dengan sejarah kepercayaan nenek moyang
Ini Uniknya Pertunjukan Pencak Macan Asal Gresik yang Wajib Anda Ketahui
Gresik merupakan sebuah kabupaten yang lokasinya berada di sebelah barat laut Kota Surabaya